Apa itu NFT? Cara Kerjanya Serta Kumpulan Marketplace NFT Indonesia

Sekarang ini lagi rame nih membahas tentang NFT yang mana ada orang indonesia yang menjual foto selfinya dengan harga puluhan juta rupiah.

Apa dari sudah tau apa itu NFT! 

Saya sendiri juga baru dengar tentang NFT gaes. 

Namanya adalah Al Gozali jadi perbincangan Netizen dimana menjual foto selfi diri nya dengan harga jutaan rupiah. Dengan menjual foto selfi tersebut dia sudah mendapatkan 12.5 Miliyar gaes. 

Wow mungkin nilai tersebut sudah mengalahkan pendapatan dari Google Adsense ya padahal cuma modal selfi sama saja sudah bisa meraup pendapatan sebanyak itu. 

Nah untuk pembahasan kali ini saya akan mengenai NFT dan hal yang berhubungan dengan NFT ini, mungkin khusus artikel satu ini kita bahas bersama ya gaes.

Apa itu NFT? 


Apa itu NFT? NFT adalah Aset digital yang berbentuk karya seni atau barang koleksi yang dapat digunakan untuk membeli barang digital yang bisa berupa lagu, gambar, rekaman suara, video, game dan masih banyak lagi.

Keunggulan dari NFT ini terdapat pada tingkat keasliannya yang dimana pembeli memiliki barang asli yang tidak ada yang menirunya, akan tetapi kelemahan dari NFT ini sendiri adalah sulit untuk dijual belikan. 

Dari kisah Al Ghozali ini bahwa dia menjual foto selfi nya di situs jual NFT yang bernama Opensea.io, nah apa sudah tau belum mengenai situs tersebut. 

Kalau belum tau mari kita ulas bersama gaes biar lebih tau. 

Apa itu Opensea? 

OpenSea sendiri merupakan pasar jual beli NFT dengan perputaran uang terbesar. Platform ini menjadi salah satu pilihan bagi pembeli, penjual, maupun kreator NFT untuk bertransaksi. Mengutip dari situs resminya OpenSea adalah peer-to-peer marketplace untuk NFT.

Keuntungan Menggunakan Opensea

Dikutip di detik ada beberapa keuntungan jika kamu menjual NFT di Opensea ini, seperti yang kita ketahui kalau Opensea ini adalah Marketplace NFT dimana mereka tergantung pada setiap transaksi yang berhasil untuk menghasilkan uang. 

Setiap kreator pada opensea ini akan dikenakan biaya 2.5% setiap transaksi yang dimana akan masuk ke Opensea yang dimana itu adalah kopensasi dari kreator untuk Opensea.

Jika kamu ingin membuat akun di Opensea ini saya akan kasih tutorialnya kepada kalian yang mungkin ingin menjual karya kamu disana atau bahkan ingin menjual foto selfi seperti Al Ghozali ini. 

Cara Membuat Akun Di Opensea 2022

Mungkin dari kalian ingin ikuti jejak Al Ghozali ini yang mana ingin menjual foto selfi kamu, akan tatapi sebelum itu harus membuat akun terlebih dahulu nah bagaimana caranya simak langsung aja caranya :

  1. Pertama buka dulu browser milik kamu dengan link Opensea.io

  2. Pilih Create pada halaman awal di Opensea ini. 
  3. Setelah itu pilih MetaMask karena itu adalah yang populer
  4. Nantinya kamu akan disuruh untuk meminta mengubah browser Exstensi Metamask
  5. Selanjutnya kamu tekan Create New Wallet
  6. Kamu akan diminta untuk membuat password yang berguna untuk crybto wallet milik kamu
  7. Klik I Have Read lalu tekan Create
  8. Disana akan muncul halaman Perkenalan MetaMask, klik Next bila itu tidak penting
  9. Setelah itu akan mengurutkan dengan benar
  10. Lalu akan muncul Screate Recovary Phaese,  simpan data tersebut dengan benar
  11. Setelah itu kamu akan memasukan urutan dengan benar
  12. Tekan Cofirm jika berhasil maka akan muncul notifikasi bahwa akun kamu udah aktif. 

Nah sekarang sudah tau kan bagaimana cara mendaftar di Opensea ini, jika kamu pengguna android kamu install MetaMask pada ponsel kamu. 

Dengan install MetaMask tersebut maka akan otomatis koneksi dengan akun Opensea ini tanpa harus membuat akun lagi. 

Daftar Situs Jual Beli NFT Selain Opensea


Tidak hanya marketplace Opensea saja yang menjual situs NFT ini ternyata ada banyak situs marketplace NFT yang bisa jual NFT ini, apa itu situs tersebut ini dia daftar nya. 

Enevti

Yang pertama ada Enevti adalah situs Marketplace jual NFT yang dipimpin oleh Aldo Suhartono sebagai CEO dan Wayahudi sebagai COO. Dengan situs ini memungkin untuk melakukan Reedem NFT yang lebih berharga dengan fungsi Unilitas exsklusif untuk pemegang nya. 

Baliola

Yang kedua ada Baliola Marketplace jual beli NFT ini, Baliola sendiri adalah hasil kerjasama dari kepeng.io criptocurrency yang teknologi berbasis blockcain dengan seniman dari bali yang menggunakan konsep NFT.

Paras.id

Marketplace selanjutnya ada Paras.id yang dimana dibangun dengan sistem Blockcain menawarkan kepemilikan sejati serta kelangkaan digital. Untuk media tukar NFT menggunakan Critocurrency untuk media kreator dan seniman. 

Tokomall

Ada lagi nih NFT dari indonesi yang bernama Tokomall yang dimana sebagai jembatan para seniman, artis, kreator agar produk lokal bisa mendunia dengan NFT. Tokomall ini sendiri adalah pengemabangan dari Toko Token (TKO) yang dibentuk dari Binance Smart Chain (BSC). 

Koletibel

Yang terakhir ada Marketplace Koletibel yang dimana membawa NFT agar bisa di adopsi oleh orang indonesia. Marketplace Koletibel NFT ini menggunakan sistem jaringan Blockcain Vaxinium untuk kepemilikannya. 

Apa kamu ingin seperti Al Ghozali bisa mencoba dengan jualan NFT ini kamu bisa pilih mana Marketplace favorit selain Opensea ini. 

1 comment for "Apa itu NFT? Cara Kerjanya Serta Kumpulan Marketplace NFT Indonesia"

  1. NEST® is different. This is a Web3 / Metaverse super-app. It is a hyper-secured, real-world custody and provenance solution. This is the first confidentially controlled SSDID (Self-Sovereign Decentralized ID), with an ecosystem that permits real-world ownership, confidential and protected control of digital assets across blockchain networks of choice. NEST® addresses critical metaverse problems in the global market that existing solutions do not. Think of NEST® as a Web3, version 2.0 of Metamask with true omni-network minting, exchange and access-control. NEST® advantages are protected through novel combinations of market position (e.g. true individual privacy) and custom technologies (e.g. in-house L1, encryption and unlimited L2 extensions). create nft

    ReplyDelete